Blog

Tips Sebelum Berangkat Umroh ke Tanah Suci
05 June 2017 Article
Post Title

Amrullah.co.id - Tips Sebelum Berangkat Umroh ke Tanah Suci - Berangkat ke Tanah Suci untuk umrah tidak hanya sekadar membayar ke biro perjalanan lalu Anda bisa ke Mekah dan Madinah. Lebih dari itu, Anda harus menyiapkan banyak hal mulai dari kesiapan diri hingga kesiapan secara finansial, perlengkapan, dan lain sebagainya. Sebelum Anda memutuskan untuk berangkat mengunjungi Arab Saudi, ada baiknya menyimak tips sebelum berangkat umroh di bawah ini.

 

Memilih Agen Perjalanan Umrah Terbaik

 biro-perjalanan-umroh-terbaik-2

Kalau pilihan Anda akhirnya jatuh pada umrah yang menggunakan jasa biro perjalanan, disarankan untuk memilih yang terbaik. Untuk memilih biro perjalanan umrah terbaik, Anda harus melakukan cukup banyak riset. Lihat terlebih dahulu apakah biro perjalanan yang akan Anda gunakan sudah terdaftar secara resmi. Selanjutnya lihat paket yang mereka tawarkan beserta harganya. Kalau apa yang mereka tawarkan sudah sesuai, Anda bisa mempertimbangkannya.

Riset lebih mendalam bisa dilakukan dengan melihat banyak atau tidaknya jemaah yang menggunakan biro perjalanan itu. Bila Anda bisa menemukan siapa salah satu dari jemaah itu, coba wawancarai mereka. Tanyakan beberapa hal terkait pelayanan yang diberikan oleh biro perjalanan umrah, apakah sudah baik atau tidak. Terakhir, lihat pamor dari agen perjalanan ini, apakah kredibel atau tidak.

 

Mempersiapkan Fisik untuk Melakukan Perjalanan

 baju olahraga muslimah

Ibadah umrah yang akan Anda lakukan secara garis besar mirip dengan ibadah haji. Anda akan melakukan perjalanan di banyak tempat sembari melakukan ritual yang diwajibkan. Umrah yang dilakukan di Tanah Suci paling tidak memakan waktu sekitar 3-4 hari hingga semuanya tuntas, dan setelahnya Anda bisa melakukan aktivitas bebas.

Selama 3 hari, fisik Anda akan diforsir hingga kelelahan tidak bisa dihindarkan. Kalau tubuh Anda tidak dilatih sebelum umrah, kemungkinan Anda akan sakit. Jangan biarkan ibadah umrah yang Anda inginkan itu terhambat masalah sakit sehingga tidak berjalan dengan maksimal. Sudah jauh-jauh berangkat ke Tanah Suci, masa mau sakit dan tidak menjalankan ibadah dengan maksimal?

 

Melakukan Vaksinasi untuk Menghindari Penyakit

 3-jenis-vaksin-wajib-untuk-calon-jamaah-haji-f865ZcbJ4h

Keadaan udara di Arab Saudi sangat berbeda dengan Indonesia. Udara di sana cenderung lebih panas dan dipenuhi dengan debu. Dengan udara yang cukup tidak mendukung ini, Anda akan jadi rawan sakit. Bahkan tanpa melakukan aktivitas saja, tubuh akan merasa kepayahan akibat panas yang tidak ada habisnya setiap hari.

Untuk menghindari tubuh menjadi sakit akibat debu yang membawa bakteri atau virus, Anda diwajibkan melakukan vaksin. Vaksin yang diberikan biasanya jenis meningitis atau vaksin tambahan lain yang mungkin berguna. Kawasan Tanah Suci dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Kemungkinan terjadi kontak dan penularan penyakit sangat besar. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

 

Menyiapkan Batin dengan Maksimal

Persiapan batin juga tidak kalah penting dari empat hal di atas. Dengan batin yang siap, ibadah yang dijalankan akan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan satu pun. Buat apa ke Tanah Suci kalau hati tidak siap untuk melakukan rangkaian ibadahnya.

Inilah beberapa tips sebelum berangkat umroh yang bisa Anda praktikkan. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan informasi.

Top